Wednesday, December 05, 2007
posted by catur catriks at 10:09 AM | Permalink
!

Aku mengintaimu setajam elang
Yang slalu sigap menangkap, betapa sedikitpun gerakmu
Tak ada yang luput, walau hanya bergeser nol koma mili
Bahkan sebatang rumput yang menggesek sisi kulitmu jelas terlihat olehku
Dan mengira berapa besar gaya tekanannya


Aku siap memasang perangkap suara sejeli kelelawar
Tak ada yang lewat tanpa kudengar walau hanya bisik yang halus
Ketika kau diam, nafas dan getar dadamu menggema di telinga, sebuah irama yang kadang kupahami sebagai keraguan, kecemasan, takut


Aku akan mengendus aromamu setepat anjing pelacak
Di manapun kau berada dan sembunyikan pesona, kau akan tetap kutemukan
Pergilah ke jauh bila kau berhendak
Jejakmu akan tetap tertinggal untuk kemudian kujadikan sebuah peta yang secara akurat mengabarkan kau berada di titik koordinat mana


Aku ingin melakukan secara sempurna
Sehinga aku bisa mengenal secara tajam, menyeluruh
Begitu detil, begitu intim


Tapi tiba-tiba saja kepalaku terpentok ranting hutan yang rendah
Kemudian banyak yang mengatakan, tidak ada kewajiban bahwa semua keinginan harus tercapai
Kita boleh saja mengayun kaki, hanya perlu diketahui begitu banyak orang yang bisa berlari melebihi kecepatan lari kita.
Kita akan sering melihat pesona di depan mata dan secara bersamaan membiarkannya berlari menjauh untuk kemudian tak terlihat sama sekali.


Pun sekarang ini
Suaramu sama sekali tak terlacak
Aku tak bisa menyaring dalam usaha menyadapnya
Karena begitu gaduh
Suara-suara berebutan, berdesakan masuk ke gendang telinga
Gaduh, gaduh sekali di sini


Mataku juga tak berfungsi seperti yang diharap
Aku tak bisa melihatmu ada di mana
Begitu banyak hal
Berjubel-jubel seakan di depanku adalah dunia tumpukan
Dan aneka aroma menyumbat hidung sehingga penciumanku mandul
Aneka aroma yang menggunung barang


Baiklah, aku akan menamakanmu sebagai misteri
Dan diriku adalah rencana tak tersusun
Tapi aku ingin mengajakmu untuk menyadari
Bahwa kita sebenarnya ada
Kau dan aku ada
Dan sesuatu akan terjadi
Tanpa peduli, sesuai atau tidak dengan keinginan yang diterbangkan