Saturday, June 16, 2007
posted by catur catriks at 12:47 PM | Permalink
pasti ada yg nyantol
he3, sedikit menghibur diri atas usaha-usaha yang telah dilakukan
seperti siang tadi, kembali aku mengirim sebuah lamaran
dengan disertai satu bab penyajian tulisan
dimana bab tersebut sudah pernah aku kirimkan beberapa kali kepada pihak penerbit.
tentu sekarang dengan perbaikan. rencana mau dikirim seluruhnya, tapi waktu utk memperbaiki terasa sempit dengan batas waktu lamaran.
ya, kenapa ya, semakin waktu ke sana, semakin terasa sedikit. hampir susah untuk mendapatkan saat luang yg cukup.

apabila ada waktu luang dan badan terasa nyaman, ingin cepet2 menyelesaikan buku pengayaan pelajaran yang sedang disusun di rumah. dan setelah selesai langsung melanjutkan buku yg lain.
tidak ada kepastian tntang buku ini apakah nantinya akan diterima oleh sebuah penerbit untuk mereka terbitkan atau tidak. tp aku tetep sj saya ingin menulis apabl ada kesempatan.
kadang berpikir untuk menerbitkannya secara indie mengingat banyak kemudahan yang sekarang tersedia. teman setter banyak, ilustrator juga ada, desain cover jg.
percetakan sudah tersedia dimana2. dan kerja sama dengan orang marketing buku jg sudah sngat memungkinkan. hanya satu langkah doang, dana untuk mencetak. sebenarnya bisa mencari sponsor, tp waktu kembali membatasi.

seperti pada pembuatan novel anak kemarin, setelah bertekad utk menerbitkannya sendiri dengan segala informasi kemudahan yg diperoleh, pada akhirnya sy harus mengirimkan ke penerbit buku anak. sampai sekarang blm ada kabarnya, he2 .. sedih deh. tapi aku dah mengatakan pada surat pengantar apabila setelah dua bulan setelah pengiriman ternyta blm ada beritanya, maka sy akan mnawarkannya kpd penerbit lain. ya, bikin mahal sedikitlah karya kita.

ide untk membuat cerita sll datang melintas, tinggal kemampuanku bisa memulai atau tidak.
pun sprti tadi siang, kukirim satu bab kpd penerbit buku pelajaran dijakarta untk dipertimbngkn atas lamaran saya sebagai penulis buku2 pelajaran SD. utk hal ini aku pernah melakukannya beberapa kali dan kandas. tp karena masih punya harapan dan keyakinan bahwa saya mampu membuat, maka kembali sy mengirimkannya pada penerbit lain. he3, entah karna keras kepala, krn ambisi, atau krn apa, yg pasti semakin banyak sy mengetuk, smakin mungkin ada tuan rumah yg membuka pintu, he2. agak berlebihan y? ya, pasti akan nyanthol jg suatu saat, krn pernah jg membuktikan pada kumpulan cerpen sy. stlh ditolak oleh stu penerbit, tanpa pikir panjang langsung aku tawarakn kepenerbit lain. itu krn sy yakin karya sy tidak jelek dan layak terbit. akhirnya skrg dlm proses penerbitan. lega juga.

yup, smg usahaku siang tadi akan berhasil nantinya.
kalaupun blm ya, terus berjuang, tentu dgn perbaikan-perbaikan
betul kan?

kpd temen2 yg suka nulis dan belajar nulis, ayo semangat
jgn down terlalu lama bila karya kita ditolak
segera perbaiki dan kirim ke tempat lain.
demikian seterusnya, suatu saat pasti akan ada yg nyanthol juga.
kita harus tetep kreatif!