Saturday, December 09, 2006
posted by catur catriks at 8:17 AM | Permalink
kera dan ikan mas

Kera dan Ikan Mas

Ada seekor Kera yang sedang mencari makanan. Ia menyusuri sungai kecil di sebuah hutan. Karena di pinggir-pinggir sungai itulah ia biasa menemukan pohon pisang yang berbuah matang. Si Kera menyusuri sungai ke atas, berlawanan dengan arah arus sungai yang mengalir.

Kera kaget ketika melihat ada seekor Ikan Mas yang terkapar di tepi kali. Ia melompat-lompat mencari air, tapi badannya tak sampai jua ke batang sungai. Ikan Mas merasa lemas, ia tidak bisa bernafas di darat.
Kera pun iba.
“Hai Ikan Mas, maukah kau kulempar kembali ke sungai?” Tanya Kera menawarkan bantuan.
“Oh, … Kera, lakukanlah. Aku membutuhkan pertolonganmu. Lemparlah aku kembali ke sungai, atau aku akan mati,” jawab I
kan Mas penuh harap.

Maka segera si Kera mengambil Ikan Mas itu dan melemparkannya ke dalam sungai.

“Terima kasih Kera. Sifatmu simpatik sekali. O ya, tidak jauh dari sini, ada setandan pisang yang sudah matang. Pergilah ke atas sungai ini, pasti kau akan menemukannya. Terima kasih Kera, selamat tinggal,” kata si Ikan Mas sambil berenang pergi.

Si Kera tersenyum dan melambaikan tangan pada Ikan. Ia pun kemudian pergi ke tempat pohon pisang yang tadi ditunjukan oleh Ikan Mas. Ia merasa senang bisa menolong sesama hewan yang tertimpa kesulitan.

Ctt: Hanya sebuah ilustrasi sederhana, bahwa bila kita memberi, maka kita pun akan mendapatkan, secara langsung atau lewat perantara lain.